ASTRID ORDINARY TEENS

Sabtu, 08 November 2008

Tahapan Tidur

Mungkin kita pernah mengalami kebingungan saat bangun tidur karena baru saja bermimpi tentang sebuah kejadian yang nggak masuk akal dan rasanya aneh.
Sebenarnya mimpi itu apa sich ?
Nah sebelumnya disini saya akan menjelaskan tentang tahapan tidur terlebih dahulu.
Tahapan tidur
Saat tidur kita akan melewati dua jenis tidur, pertama disebut Non-REM sleep(Non Rapid Eye Movement),ga ada aktivitas pergerakan saat kita tidur. sedangkan REM sleep adalah kondisi pada saat kita tidur dimana mata bergerak dengan cara cepat dan kelopak mata dalam keadaan tertutup.
Tidur itu punya beberapa fase, pengen tahu?
Ini dia tahapannya:
Tahap 1:Light sleep. Ini terjadi saat kita baru akan tidur, antara sadar dan nggak sadar. Du tahap ini kita masih gampang terbangun, tapi pergerakan mata dan badan sudah mulai berkurang. Kaki dan otot kita kadang bergerak atau menegang, disebut hypnic myoclonia.
Tahap 2: Sudah mulai tidur nyenyak. Sekitar 50% waktu kita dihabiskan oleh fae ini. Mata akan berhenti bergerak yang berarti kita sudah masuk ke dalam NREM Sleep dan gelombang otak(yang menunjukkan tingkat aktivitas otak) menjadi lebih lambat.
Tahap 3:Deep Sleep. Pada tahap ini otak sedang berada pada tahap penggabungan gelombang lambat dan gelombang cepat. Kalau kita udah sampai tahap ini, bukan cuma slit dibangunkan, tapi pada saat bangun biasanya kita akan merasa bingung.
Tahap 4: Very deep sleep. Gelombang yang paling banyak bekerja di fase ini adalah gelombang lambat, sehingga sangat sulit terbangun bila kita sedang tidur. Tahap ke-3 dan ke-4 sangat penting untuk mengembalikan stamina tubuh agar bisa fresh di pagi hari.
Tahap 5: REM sleep. Nah, di tahap inilah mimpi muncul. Saat kita memasuki tahap ini, kita akan bernapas lebih cepat dan mata bergerak lebih cepat. Denyut jntung dan tekanan darah pun meningkat. REM sleep biasanya memakan 20% dari waktu tidur orang dewasa dan berlangsung setelah 70-90 menit kita tertidur. Mendekati di pagi hari waktu yang kita habiskan di REM sleep akan meningkat dan tahap deep sleep(tahap 3 dan 4) akan berkurang.

Tidak ada komentar: